Penerapan Perawatan Tradisional Aceh Pada Ibu Postpartum

Authors

  • Mariyati Mariyati STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe
  • Irma Lisna STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe
  • Ida Suryawati STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe

Keywords:

Ibu Postpartum., Perawatan Tradisional

Abstract

Perawatan tradisional terhadap perawatan ibu postpartum, masih banyak di jumpai di lingkungan masyarakat, masyarakat Aceh dengan keyakinan atau budaya yang dianut perawatan tradisional pada masa postpartum seperti madeung, sale dan toet batee oleh etnis Aceh. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana perawatan tradisional yang diterapkan pada ibu postpartum. Desain penelitian ini deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu postpartum yang berjumlah sebanyak 42 responden. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 42 responden menggunakan teknik total populasi. Pengumpulan data telah dilakukan pada tanggal 17 Juli sampai dengan 02 Agustus 2023. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisa dilakukan dengan analisa univariat. Hasil penelitian didapatkan bahwa penerapan perawatan tradisional pada ibu postpartum berada pada kategori diterapkan sebanyak 27 responden (64.3% dan jenis penerapan perawatan tradisional pada ibu postpartum yang paling banyak diterapkan yaitu salee sebanyak 27 responden (64.3%) dan paling sedikit diterapkan yaitu terapi pijat sebanyak 20 responden (47.6%). Diharapkan bagi ibu postpartum pengobatan tradisional melakukan konsultasi dengan tenaga kesehatan untuk menghindari efek samping dan bahaya lainnya dari penerapan perawatan tradisional.

References

Dinkes Aceh, (2022). Data Postpartum di Aceh. Banda Aceh: Provinsi Aceh.

Dinkes Aceh Utara, (2022). Data Postpartum di Kabupaten Aceh Utara. Lhoksukon: Kabupaten Aceh Utara.

Kemenkes R.I, (2022). Data Postpartum di di Indonesia. Jakarta: Ditjen Kesehatan Indonesia.

Kirana. (2019). Hubungan Tingkat Kecemasan Post Partum Dengan Kejadian Post Partum Blues Di Rumah Sakit Dustira Cimahi. Jurnal Ilmu Keperawatan. Volume Iii, No. 1 April-2019.

Marliandiani, Y dan Nyna, P. N. (2019). Buku Ajar Asuhan Kebidanan pada Masa. Nifas dan Menyusui. Jakarta: Salemba Medika.

Mariyati, Gloria, S. (2018). Perawatan Diri Berbasis Budaya Selama Masa Nifas Pada Ibu Postpartum. Jurnal Ilmu Keperawatan (2018) 6:1.

Masturoh, I., dan N. Anggita. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.

Mudatsir, M. (2020). Faktor Budaya Dalam Perawatan Ibu Nifas. Jurnal Ilmu Keperawatan, 5(1), 36–49.

Nurjanah, M. dan B. (2019). Asuhan Kebidanan Postpartum dilengkapi dengan Asuhan Kebidanan Post Sectio Caesarea (Pertama). Bandung: Refika Aditama.

Pattinasarany. (2020). Praktik Tradisional Pada Perawatan Masa Nifas di Kabupaten Seram Bagian Barat (Maluku). Jurnal Keperawatan Muhammadiyah 5 (1) 2020.

Rahayu, S. (2019). Faktor Budaya Dalam Perawatan Ibu Nifas. Jurnal Kesehatan Ibu dan Bayi.

Sulistyaningsih. (2018). Metodelogi penelitian kuantatif-kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tuti Marjan, F. (2018). Pengobatan Tradisional Madeung Dan Sale Pada Ibu Masa Nifas Dalam Masyarakat Aceh. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Biotik 2018.

WHO. (2021). Progres Toward Achieving the Fight Millennium Development Goals. Diakses 10 Maret 2023: http://www.who.int.com.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Mariyati, M., Irma Lisna, & Ida Suryawati. (2023). Penerapan Perawatan Tradisional Aceh Pada Ibu Postpartum . Jurnal Assyifa’: Jurnal Ilmu Kesehatan Lhokseumawe, 8(2), 81–88. Retrieved from http://jurnalassyifa.stikeslhokseumawe.ac.id/index.php/jikias/article/view/68