Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Pengetahuan Pertolongan Pertama Keracunan Pada Anak Usia Sekolah

Authors

  • Jufrizal Bagian Keperawatan Gawat Darurat Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala
  • Annisa Program Studi Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala

Keywords:

Pengetahuan, Pertolongan pertama, Keracunan, Anak usia sekolah

Abstract

Keracunan makanan banyak dijumpai pada anak-anak yang disebabkan oleh perilaku ingin tahu dan bereksplorasi terhadap lingkungan dan ini menyebabkan kegawatdaruratan dan berdampak pada kematian. Pengetahuan pertolongan pertama pada keracunan sangat dibutuhkan oleh siswa agar dapat melakukan pertolongan pertama pada keracunan. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pengetahuan tentang pertolongan pertama keracunan antara lain: usia, jenis kelamin, sumber informasi dan pengalaman dalam menangani keracunan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan bantuan pengetahuan pertama keracunan pada anak usia sekolah. Desain penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 89 yang memenuhi kriteria inklusi, alat ukur menggunakan kuesioner dan dianalisis secara univariat dengan mencari distribusi frekuensi dan bivariat dengan menggunakan uji person chi square . Hasil penelitian ini diperoleh Tidak ada hubungan usia dengan pengetahuan pertolongan pertama pada keracunan ( P-value = 0.167). Tidak ada hubungan jenis kelamin dengan pertolongan pertama pada keracunan ( P-value = 0.051). Tidak ada hubungan sumber informasi dengan pengetahuan pertolongan pertama pada keracunan ( P-value = 0.065). Tidak ada hubungan pengalaman dengan pertolongan pertama pada keracunan ( P-value = 0.055). Disarankan kepada siswa agar lebih aktif lagi untuk mencari sumber informasi tentang keracunan yang nantinya akan berdampak pada pertolongan pertama pada keracunan.

References

Astuti, H. P. 2011. Hubungan Karakteristik Ibu Hamil dengan Tingkat Pengetahuan tentang Tanda Bahaya pada Kehamilan di Puskesmas Sidoharjo Kabupaten Sragen. Jurnal Stikes Kusuma Husada Surakarta.

BPOM RI. 2015. Laporan Tahunan 2015 Badan Pengawas Obat dan Makanan

RI.

BPOM. 2018. Pedoman Pangan Jajanan Anak Sekolah untuk Pencapaian Gizi Seimbang Bagi Orang Tua, Guru dan Pengelola Kantin. Direktorat Standardisasi Produk Pangan Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan Dan Bahan Berbahaya Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia, 37.

Dharmawati dan Wirata. 2016. Hubungan Tingkat Pendidikan, Umur, Dan Masa Kerja Dengan Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Guru Penjaskes Sd Di Kecamatan Tampak Siring Gianyar. Jurnal Kesehatan Gigi Vol. 4 No. 1.

Disease, F., Epidemiology, B., & Group, R. 2015. Who estimates of the global

burden of foodborne diseases. foodborne diseases burden epidemiology

reference group 2007-2015: Switzerland.

Effendi, F & Makhfudli. 2009. Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teori dan Praktek Dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba medika

Khayudin, B.A., Hariastuti, F., & Wicaksana, D.P. 2022. Pertolongan Pertama

Kondisi Kegawadaruratan Prehospital. https://books.google.co.id/books?id=sBFvEAAAQBAJ&pg=PA45&dq=pet

olongan+pertama+keracunan+makanan&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiMM76nLv4AhUlmuYKHX90CA0Q6wF6BAgJEAU#v=onepage&q=pertolon

gan pertama keracunan makanan&f=false.

Kemenkes RI. 2020. Pedoman Penyelidikan dan Penanggulangan Kejadian Luar Biasa Penyakit Menular dan Keracunan Pangan (Vol. 4, Issue 1).

Libriaty, N. 2015. Panduan Melacak Penyakit.

https://books.google.co.id/books?id=latCAAAQBAJ&pg=PA99&dq=Pedoman+pertolongan+pertama+keracunan+makanan&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiqxp_q9Ln4AhXUUGwGHb2CDX4Q6wF6BAgMEAU#v=onepage&q=Pedoman pertolongan pertama keracunan makanan&f=false.

Mubarak. 2007. Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nasir, A., Adi, I., & Citra, I. 2017. Wabah Keracunan Calamari Like di SD 1

Trasan Bandongan Kabupaten Magelang. Media Ilmu Kesehatan, 7(2), 131-136.

Nursalam. 2008. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Pibriyanti, K., & Hidayati, K.N. 2018. Anak Perempuan dan Obesitas sebagai

Faktor Risiko Kejadian Kadar Gula darah tinggi pada anak sekolah dasar.

Jurnal Gizi Indonesia, 6(2), 90–93. https://doi.org/10.14710/jgi.6.2.90-93.

Saptinigrum E. 2016. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan Pertolongan Pertama Pada Keracunan Makanan Di Padukuhan Sanggrahan Banjarharjo Kalibawang Kulon Progo.Universitas „Aisyiyah Yogyakarta.

Thanacoody, R., & Anderson, M. 2020. Epidemiology of Poisoning. Medicine

(United Kingdom), 48(3), 153–155. https://doi.org/10.1016/j.mpmed.2019.12.001.

Wahana, H. 2020. Journal of Nursing Invention. Journal of Nursing Invention, 1(2), 41–47.

Wardhani, dkk. 2014. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Pengetahuan Kader Kesehatan Tentang Thalassaemia Di Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Kesmasindo, Volume 6, (3) Januari 2014, Hal. 194-206.

Wawan A dan Dewi M. 2011. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Cetakan II. Yogyakarta: Nuha Medika.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Jufrizal, & Annisa. (2023). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Pengetahuan Pertolongan Pertama Keracunan Pada Anak Usia Sekolah . Jurnal Assyifa’: Jurnal Ilmu Kesehatan Lhokseumawe, 8(2), 10–17. Retrieved from http://jurnalassyifa.stikeslhokseumawe.ac.id/index.php/jikias/article/view/73