Gambaran Pola Asuh Ibu dan Kemampuan Berkomunikasi Anak Usia Prasekolah

Authors

  • Vivi Yosafianti Pohan Departmen Keperawatan, Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Arief Yanto Departmen Keperawatan, Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Titis Subekti Departmen Keperawatan, Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Semarang

DOI:

https://doi.org/10.54460/jifa.v8i1.51

Keywords:

Pola Asuh, Kemampuan Berkomunikasi, Usia Prasekolah

Abstract

Pola asuh adalah bagaimana cara orang tua memberikan stimulus sehingga anak dapat meniru. Pola pengasuhan yang diberikan orang tua berpengaruh terhadap proses perkembangan anak untuk kemampuan berkomunikasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola asuh ibu dan kemampuan berkomunikasi anak usia kehamilan menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan satu dan lima menerapkan pola asuh demokratis, informan dua dan enam menerapkan pola asuh otoriter, informan tiga dan 4 menerapkan pola asuh permisif. Anak dengan pengasuhan demokratis memiliki kemampuan berkomunik'asi baik, anak dengan pengasuhan otoriter memiliki kemampuan berkomunikasi kurang baik dan anak dengan pengasuhan permisif memiliki kemampuan berkomunikasi baik. Pola pengasuhan yang diberikan orang tua berpengaruh terhadap kemampuan berkomunikasi anak. Anak dengan pola pengasuhan demokratis memiliki pribadi yang spektakuler, percaya diri, bijaksana dan mampu mengungkapkan keinginannya. Anak dengan pola pengasuhan permisif memiliki pribadi yang mudah bergaul dengan teman-temannya dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Anak dengan pola pengasuhan otoriter memiliki pribadi yang pendiam, mudah marah dan menangis. Saran: Ibu sebaiknya mengetahui pola asuh apa yang akan digunakan ketika melakukan mengasuh kepada anaknya. Anak dengan pola pengasuhan otoriter memiliki pribadi yang pendiam, mudah marah dan menangis. Saran: Ibu sebaiknya mengetahui pola asuh apa yang akan digunakan ketika melakukan mengasuh kepada anaknya. Anak dengan pola pengasuhan otoriter memiliki pribadi yang pendiam, mudah marah dan menangis. Saran: Ibu sebaiknya mengetahui pola asuh apa yang akan digunakan ketika melakukan mengasuh kepada anaknya.

 

References

R. Agustina, L. Marlina, and F. Fahmi, “Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kecerdasan Interpersonal Anak,” Thufuli J. Ilm. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, p. 31, 2020, doi: 10.33474/thufuli.v2i1.6314.

N. S. I., Pola Asuh Orangtua Faktor,Implikasi terhadap Perkembangan Anak (Vol. 1). Nilacakra Publisher, 2021.

P. P. Sari, S. Sumardi, and S. Mulyadi, “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini,” J. Paud Agapedia, vol. 4, no. 1, pp. 157–170, 2020, doi: 10.17509/jpa.v4i1.27206.

S. Kustiah, Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak. Makassar: Edukasi Mitra Grafika, 2015.

N. Subagia, Pola Asuh Orang Tua Faktor, Implikasi Terhadap Perkembangan Anak, vol. 1. Bali: Nilacakra Publisher, 2021. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Pola_Asuh_Orang_Tua_Faktor_Implikasi_ter/G0A1EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pola+asuh&printsec=frontcover

Binus Highter Education, Metodologi Penelitian Sosial. Trussmedia Grafika.

E. Sugiarti, H. Wulandari, I. Muqodas, U. P. Indonesia, P. Bahasa, and A. U. Dini, “Profil perkembangan bahasa anak usia dini berdasarkan kecenderungan pola asuh orang tua,” no. 2011, 2018.

Q. Ayun, “Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak,” ThufuLA J. Inov. Pendidik. Guru Raudhatul Athfal, vol. 5, no. 1, p. 102, 2017, doi: 10.21043/thufula.v5i1.2421.

A. N. Badar, F. Y. Demang, and G. F. Daar, “Di Paud Santa Juliana Golo Bilas,” vol. 6, no. 1, pp. 1–11.

Hidayat, “Penerapan Pola Asuh Orangtua Pada Komunikasi Anak Usia Dini,” … Pendidikan, Pengasuhan, Kesehat. dan Gizi Anak …, vol. 1, no. 1, pp. 33–46, 2020, [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jt/article/view/8616

R. Robbiyah, D. Ekasari, and R. Witarsa, “Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, p. 74, 2018, doi: 10.31004/obsesi.v2i1.10.

F. Zulaikha and E. Sureskiarti, “Status Perkembangan Terhadap Perkembangan Emosi Anak di Kota Samarinda,” Dunia Keperawatan, vol. 6, no. 1, p. 19, 2018, doi: 10.20527/dk.v6i1.4949.

A. Ns. Mansur, “Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah,” vol. 1, 2019, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/337856968_TUMBUH_KEMBANG_ANAK_USIA_PRASEKOLAH

M. S. Muh Daud, Psi., Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak. Kencana, 2021.

A. Risnawati, Z. Zaenuri, and W. N. A. Fauzi, “Pengembangan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan,” … J. Pendidik. Islam …, no. 20, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/397%0Ahttps://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/download/397/257

M. Kristina and R. N. Sari, “Pengaruh edukasi stimulasi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini,” J. Dehasen Educ. Rev., vol. 2, no. 01, pp. 1–5, 2021, doi: 10.33258/jder.v2i01.1402.

Victoria S G, “Social and emotional development for preeschoolers,” 2018.

C. Taylor, L. C, L. P, and L. P.A, Fundamental Of Nursing: The Art And Science Of Nursing Care. Liooincott Philadelphia, 2011.

Y. Bawono, “Kemampuan Berbahasa Pada Anak Prasekolah: Sebuah Kajian Pustaka. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia,” vol. 1, 2017.

V. L. School, “Commmunication:Preschool Children.Preschool Communication & Language Development,” 2020, [Online]. Available: https://www.virtuallabschool.org/preschool/communication-and-language-development/lesson-2

H. Hariani, S. Oruh, A. H. J, and N. Mustari, “Gambaran Pola Asuh Anak Pada Ibu Yang Bekerja Di Kelurahan Karang Anyar Kota Makassar,” Media Keperawatan Politek. Kesehat. Makassar, vol. 12, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.32382/jmk.v12i1.2201.

K. Ismail, R. Novayelinda, and G. Indriati, “GAMBARAN POLA ASUH ORANGTUA PADA ANAK PRESCHOOL SELAMA PANDEMI COVID-19,” vol. 11, no. 1, pp. 168–179, 2022.

L. Asmiati, I. A. Pratiwi, and M. A. Fardhani, “Dampak Penggunaan Game Online Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Anak,” J. Ilm. P2M STKIP Siliwangi, vol. 8, no. 1, pp. 37–45, 2021.

H. Julianti and R. Jusmaeni, “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemampuan Sosialisasi Anak Prasekolah,” Jurnal.Ikbis.Ac.Id, vol. 1, pp. 10–15, 2021, [Online]. Available: https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Hubungan+Pola+Asuh+Orang+Tua+Dengan+Kemampuan+Sosialisasi+Anak+Prasekolah&btnG=

M. Khairunnisa, F. Z.-B. S. R. (BSR), and U. 2021, “Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kemampuan Bahasa pada Anak Prasekolah di TK IT Az Zahro Samarinda,” Journals.Umkt.Ac.Id, vol. 2, no. 3, p. 2021, 2021, [Online]. Available: https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/download/1972/942

Downloads

Published

2023-08-27

How to Cite

Pohan, V. Y., Yanto, A., & Subekti, T. (2023). Gambaran Pola Asuh Ibu dan Kemampuan Berkomunikasi Anak Usia Prasekolah. Jurnal Assyifa: Jurnal Ilmu Kesehatan Lhokseumawe, 8(1), 14–25. https://doi.org/10.54460/jifa.v8i1.51

Issue

Section

Articles